JEMBER – Menjelang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, PT KAI Daop 9 Jember, Jawa Timur, melakukan inspeksi keselamatan di delapan stasiun selama tiga hari, mulai 2 hingga 4 Desember 2024 kemarin.
Manager Hukum dan Humasda KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro, menekankan bahwa keselamatan dan kenyamanan pelanggan menjadi fokus utama dalam menyambut angkutan Natal dan Tahun Baru.
“Biasanya pada saat itu terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima media pada Kamis (5/12/2024).
Dalam rangka itu, KAI Daop 9 bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas 1 Surabaya melaksanakan inspeksi keselamatan (Rampcheck).
Cahyo menjelaskan bahwa ada enam aspek yang diperiksa dalam kegiatan tersebut. Enam aspek itu yakni keselamatan, keamanan, keandalan, kenyamanan, kemudahan, dan kesetaraan, sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan nomor 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api.
“Rampcheck diadakan untuk memastikan layanan kereta api di Daop 9 Jember telah sesuai dengan standar yang ditetapkan,” tambahnya.
Inspeksi dilakukan di sejumlah stasiun, termasuk Stasiun Pasuruan, Probolinggo, Tanggul, Jember, Kalisat, Rogojampi, Banyuwangi Kota dan Stasiun Ketapang. Rangkaian kereta api yang diperiksa meliputi dua rangkaian KA Blambangan Ekspres dan KA Mutiara Timur.
“Objek pemeriksaan di stasiun meliputi keberfungsian kamera pengawas (CCTV), keberadaan petugas keamanan, loket penjualan tiket, ruang tunggu penumpang, toilet, musala, serta informasi pelayanan seperti denah stasiun, jadwal KA, dan peta jaringan KA,” ujarnya.
Sementara itu, pemeriksaan di atas kereta api mencakup ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR), rem darurat, petunjuk jalur evakuasi, alat pemecah kaca, kamera pengawas, P3K, lampu penerangan. Kemudian, informasi stasiun yang akan disinggahi atau dilewati, kebersihan toilet, pengatur sirkulasi udara, serta fasilitas bagi difabel. Meski demikian, KAI Daop 9 Jember berkomitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan layanan agar dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggan, terutama selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru.